Rabu, 25 Juli 2012

Skema Adaptor


Home > Artikel Skema > Skema Adaptor

Skema Adaptor

Skema Adaptor sangat diperlukan dalam suatu rangkaian elektronika. Skema Adaptor berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik dari arus AC menjadi tegangan arus DC. Di dalam adapator terdapat Trafo yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan tegangan. Trafo tersebut di kenal dengan nama Trafo Step Up (menaikan tegangan) dan Trafo Step Down (menurunkan tegangan).
Di dalam skema adaptor ada yang menggunakan trafo CT. Trafo yang satu ini di gunakan untuk rangkaian catu daya amplifier atau speaker aktif. Biasanya juga ada yang memakai trafo switching biasanya di gunakan untuk adaptor charger handphone. Dalam menggunakan adaptor, kita juga harus memperhatikan kondisi adaptor, apakah adaptor tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.
Adaptor dengan kondisi yang baik, dapat mengoptimalkan kinerja adaptor serta mengurangi dampak konsleting pada adaptor. Adaptor yang sering di bersihkan dan di rawat memiliki ketahanan dan kemampuan yang maksimal. Dengan begitu kita harus tahu cara pemeliharaan adaptor yang baik dan benar karena adaptor yang sering kita rawat akan lebih tahan lama dalam penggunaanya.
Skema Adaptor
Komponen inti dalam pembuatan skema adaptor ada tiga, yaitu transformator, dioda dan kapasitor. Dengan menggunakan 3 komponen tadi kita sudah dapat membuat adaptor sederhana, sedangkan penambahan komponen lain, seperti transistor dan IC yang ada di beberapa adaptor. Tujuan penambahan komponen lain adalah untuk memperbaiki gelombang atau frekuensi yang keluar sehingga benar-benar stabil dan tegangan yang keluar mendekati dengan penyearah yang sebenarnya.
Ada beberapa peralatan elektronik akan dapat bekerja dengan tegangan yang benar-benar stabil dan ada juga yang hanya menggunakan penyearah biasa. Skema Adaptor yang menggunakan penyearah biasa sudah bisa bekerja itu semuanya tergantung dari peralatan yang hendak di supply.
Cara membersihkan adaptor dari debu adalah dengan menggunakan kain basah serta jangan lupa untuk mencabut body adaptor dari rangkaian elektronik, lalu lap secara merata sampai ke ujung-ujung body. Sedangkan untuk membersihkan jack adaptor menggunakan kain kering. Dalam membersihkan adaptor kita harus berhati-hati karena kalau tidak dapat menimbulkan kerusakan serta lecet pada rangkaian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar