Rabu, 25 Juli 2012

Rankaian LED Sederhana

Gambar skema Rangkaian LED Sederhana beserta komponen dan cara pembuatannya

Rangkaian LED Sederhana merupakan rangkaian lampu yang paling sering kita temukan, seperti lampu hias dan lampu indikator. Rangkaian LED biasanya di sebut dengan rangkaian running LED. Rangkaian ini akan di pasang pada setiap rangkaian sehingga akan membuat rangkaian tersebut menyala secara bergantian dari LED satu berganti ke LED lainnya.
Apabila kita ingin membuat rangkaian led sederhana, harus membutuhkan beberapa komponen elektronika sederhana, yaitu rangkaian multivibroter astabil, rangkaian pencacah 4 bit dan rangkaian dekoder 4 ke 16. Kecepatan gerak lampu led di pengaruhi oleh besarnya setiap frekuensi detak.
Setiap detak akan di cacah oleh IC dengan mode pencacahan oleh keluaran NAND latch. Keluaran ini akan berlogika tinggi apabila pin 17 dari IC tersebut berlogika rendah. Demikian sebaliknya keluaran NAND latch akan berlogika rendah apabila pin 1 dari IC berlogika rendah pula.
Berikut ini gambar skema rangkaian LED sederhana :
LED sederhana
Untuk membuat rangkaian led sebenarnya cukup mudah, kita hanya membutuhkan IC counter untuk melakukan pencacahan dan juga dapat bertindak sebagai timer. Selain IC, kita juga membutuhkan gerbang yang dapat di rangkai sebagai sebuah rangkaian logika flip flop.
Di sini saya akan menggunakan sebuah IC555 yang merupakan IC counter dan sekaligus timer yang dapat di gunakan untuk berbagai keperluan. Rangkaian ini pun ada yang bersifat Monostable dan Astable. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat rangkaian Astable dan di kombinasikan dengan IC counter yang memiliki 10 output.
Rangkaian LED Sederhana
Komponen yang di perlukan untuk membuat rangkaian di atas :
- Supply tegangan 9 volt
- resistor 1KOhm dan juga 220Ohm secukupnya
- Led 8 buah
- Variabel resistor 10 Kohm
- Kapasitor Tipe Elco 100uF
- IC555
- IC4017
Rangkaian LED di atas terdiri dari dua buah rangkaian. Yang pertama adalah rangkaian counter dan yang kedua adalah rangkaian logika sekuensial. Rangkaian counter IC555 merupakan sumber utama clock yang akan mencacah IC4017. Jika IC 4017 tercacah, makaled mulai berjalan yang paling atas dan di ikuti oleh led di bawahnya dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar