Jumat, 03 Agustus 2012

skema PCB


Home > Artikel Skema > Skema PCB

Skema PCB

Skema PCB merupakan gambaran papan tipis yang di mana dalam papan tersebut terdapat sirkuit yang terbuat dari logam, sehingga dapat menghubungkan komponen elektronika tanpa harus menggunakan kabel. Di dalam skema pcb biasanya komponen yang di gunakan hanya di pasang dan di rangkai, di mana bagian sisinya terbuat dari lapisan tembaga.
Lapisan tembaga ini gunanya untuk menyolder kaki kaki tiap komponen. Biasanya pcb hanya bisa lebih dari 1 layer, maksimum dari pcb ini adalah 12 layer. Skema PCB ada yang terbuat dari bahan fiber pada bagian tertentu. Ketebalan tembaga yang di gunakan pun bermacam-macam, ada yang tebalnya 35 micrometer ada juga yang 17 atau 18 micrometer.
Bahan pembuatan pcb yang lainnya adalah paper pheonic atau pertinax. Bahan yang satu ini hanya terdapat dalam satu warna, yakni coklat. Bahan jenis ini juga lebih populer bila di bandingkan dengan bahan fiber, karena harganya yang lebih murah.
Skema PCB
Untuk pcb yang di pakai untuk through hole plating, bahan yang umum di gunakan adalah fiberglass. Itu karena, jamur yang biasanya menempel pada pcb tidak suka akan bahan ini dan materialnya pun jauh lebih kuat sehingga tidak mudah bengkok di bandingkan yang berbahan pertinax.
Dalam suatu rangkaian elektronika, skema pcb adalah hal yang paling utama, karena semua komponen yang di gunakan akan menempel atau disolder di pcb. Bagi anda yang ingin membuat pcb dengan cara manual pasti akan sulit, karena kita biasanya hanya menggambar berdasarkan skema dan kabel atau penghubung pasti akan bertumpuk.
Tapi pada saat ini, membuat skema pcb tidaklah sulit, dengan menggunakan software dip trace ini semua bisa menjadi mudah. Karena program ini sudah terdapat fitur yang power full, yaitu converter skema ke pcb. Kita juga bisa dengan mudah membuat pcb nya dengan proses transfer toner sederhana. Software ini ada yang berbentuk free yangn sudah termasuk library komponen dan ada juga yang versi berbayar.
Demikian penjelasan singkat mengenai Skema PCB, semoga artikel kami ini bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang mencari info mengenai pcb. Baca juga artikel kami lainnya tentang Skema Adaptor dan Skema Mixer.

1 komentar: